MUHAMMAD YUSRO

Learning, Teaching and Sharing

KUNJUNGAN KE SMK BINAAN DJARUM FOUNDATION


Alhamdulillah, bersama 6 dosen prodi pendidikan teknik elektronika dan elektro serta 2 mahasiswa UNJ telah melakukan kunjungan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan Yayasan Djarum (Djarum Foundation). Hal yang sangat luar biasa kita dapatkan dari kunjungan ke 4 SMK (dari 18 SMK) binaan Djarum Foundation, diantaranya adalah sarana prasarana pembelajaran teori dan praktikum yang berteknologi modern, model pembelajaran yang menarik, para siswa yang antuasias dan para guru yang hebat dan terus menerus belajar. Ke-empat SMK yang dikunjungi adalah SMKS Wisudha Karya (https://smkwiskarkds.sch.id/), SMKS NU Maarif (https://smk-maarifkudus.sch.id/), SMKS PGRI 2 (https://smkpgri2kudus.sch.id/), dan SMKS Raden Umar Said (https://smkrus.sch.id/).

Terima kasih kepada Bpk Primadi Serad selaku Program Director dan Tim Djarum Foundation yang telah menerima Tim FT UNJ dengan sangat ramah dan terbuka untuk berbagi informasi dan pengetahuan. Dalam kesempatan itu pula, ditunjukkan kepada Tim FT UNJ, bentuk fisik 20 trainer praktikum elektronika yang nantinya akan diberikan Djarum Foundation ke UNJ. Semoga kerjasama dapat terus dijalin dan diperluas ke berbagai bentuk dan cakupan kerjasama pendidikan.

GUEST TEACHER : ALUMNI SMK BERPRESTASI DAN MENDUNIA

Dalam kegiatan guest teacher yang dilaksanakan di SMKN 5 Jakarta pada 11 September 2023, dijelaskan kepada para siswa bahwa lulusan SMK selain Bekerja dan Berwirausaha juga berpeluang untuk Melanjutkan Studi di Perguruan Tinggi. Kemampuan intelektual siswa SMK tidak kalah dengan siswa Sekolah Menengah Atas untuk berkompetisi melanjutkan studi ke berbagai perguruan tinggi terbaik di dalam maupun luar negeri. Jalur masuk perguruan tinggi dapat dilakukan melalui berbagai bentuk, seperti jalur prestasi rapor, jalur prestasi bidang keahlian/olahraga/organisasi/tahfiz/dsb, dan jalur tes/ujian. Keterbatasan biaya kuliah bukan menjadi penghalang utama untuk para siswa SMK melanjutkan kuliah, karena Pemerintah telah menyediakan berbagai tawaran beasiswa ke perguruan tinggi. Kuncinya adalah semangat belajar yang tinggi, fokus pada cita-cita dan berdoa untuk mendapatkan kemudahan-Nya. Selamat berkarya dan berprestasi untuk para siswa SMKN 5 Jakarta.

PENGABDIAN MASYARAKAT: PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR SMK PUSAT KEUNGGULAN

Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam rangka peningkatan kualitas dan kinerja. Program ini diperkuat dengan kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan sekaligus sekolah penggerak. Untuk mempersiapkan SMK menjadi SMK-PK diperlukan kegiatan pendampingan yang bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang konsep SMK-PK, kurikulum merdeka jenjang SMK serta perangkat pembelajaran SMK. Kegiatan ini bertujuan untuk mendampingi guru menyusun modul ajar pada kurikulum merdeka menuju sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan (SMK-PK).

Program pendampingan SMK Pusat Keunggulan merupakan upaya kolaboratif untuk membantu sekolah agar mampu menerapkan pembelajaran dengan paradigma baru. Kegiatan pendampingan/bimbingan tentang perancangan pembelajaran (menyusun tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar) merupakan salah satu bagian dari program pendampingan untuk SMK-PK. Kegiatan ini dilakukan secara luring (tatap muka) dengan metode ceramah dan diskusi (tanya jawab). Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali pertemuan, yakni 28 Juli, 7 Agustus dan 9 Agustus 2023 bertempat di SMKN 5 Jakarta, Jl. Pisangan Baru Timur VII, Matraman, Jakarta Timur.

Peserta diberikan materi terkait capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran dan modul ajar pada kurikulum merdeka. Peserta kegiatan ini berjumlah 34 orang yang terdiri dari para guru SMKN 5 Jakarta, dan perwakilan guru dari SMKS PGRI 8, SMKS Satya Bakti 1 dan SMKS Budi Murni 1. Hasil evaluasi kegiatan yang diperoleh dari isian kuesioner online menunjukkan bahwa semua peserta (100%) menyatakan telah mendapatkan pencerahan tentang SMK-PK, mayoritas (97,1%) menjadi lebih paham tentang penyusunan modul ajar, materi yang disajikan sangat jelas dan mudah dipahami,  materi yang diberikan mendukung peningkatan kinerja serta bermanfaat sesuai kebutuhan. Pada kegiatan selanjutnya perlu dilakukan pendampingan berupa klinik penyusunan modul ajar pada kurikulum merdeka.