Home » LAIN-LAIN » PROMOSI DOKTOR FKM UI RIKAWARASTUTI

PROMOSI DOKTOR FKM UI RIKAWARASTUTI

Rabu, 14 Juli 2021, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) menggelar sidang Promosi Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat atas nama Rikawarastuti secara virtual. Bertindak sebagai Promotor adalah dr. Kemal N. Siregar, SKM, MA, PhD., dengan kopromotor 1. Dr. Tris Eryando, MA dan kopromotor 2 Prof. Dr. Ir. Kalamullah Ramli, M.Eng. Sidang ujian dipimpin oleh Pj. Dekan FKM UI, Prof. Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc, dengan tim penguji terdiri dari Ketua Penguji yaitu Prof.dr. Anhari Achadi, SKM, ScD dan tim penguji yaitu Dr. Besral, SKM, M.Sc; Dr.dr. Toha Muhaimin, M.Sc; Dr. Lely Wahyuniar, M.Sc; dan Dr. Artha Prabawa, SKM, S.Kom, M.Si. Dalam kesempatan tersebut, promovendus mempertahankan disertasi berjudul “Pengembangan mHealth Suatu Intervensi Kesehatan Digital untuk Peningkatan Kinerja Bidan Puskesmas dalam Perbaikan Cakupan dan Kualitas Layanan Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak”.

Promovendus memaparkan masalah besar yang terjadi dimana Indonesia merupakan negara dengan tingkat penularan HIV dari ibu ke anak yang tertinggi di dunia namun kinerja layanan pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak (PPIA) masih sangat rendah pada layanan test and treat HIV.  Rendahnya cakupan tes HIV pada ibu hamil merupakan missopportunity pada layanan ANC yang dilakukan oleh bidan. Untuk mengatasinya, ditawarkan sebuah solusi dengan intervensi kesehatan digital.

Penelitian ini menghasilkan sebuah prototipe mHealth PPIA yang mengakomodir entitas eksternal (bidan, ibu hamil HIV positif, penanggung jawab program HIV), mengintegrasikan data, memiliki fitur model prediksi HIV, sistem rujukan digital, sistem alert dan reminder serta dashboard monitoring system. Selama 3 bulan intervensi, terjadi peningkatan penerimaan bidan terhadap penggunaan mHealth PPIA setiap bulan.

Temuan utama Promovendus yang menjadi kebaruan penelitian yaitu suatu model yang merupakan proses bisnis baru layanan PPIA yang lebih efektif dan efisien didukung mHealth dengan sejumlah fitur yang mampu menjamin tingkat test and treat HIV pada ibu hamil yang maksimum. Hasil ini memberikan manfaat terutama menjadi masukan perbaikan kebijakan untuk meningkatkan kinerja layanan PPIA di Indonesia dan negara-negara yang memiliki kondisi seperti Indonesia.

Pada akhir sidang, ketua dewan penguji, Prof. Dr. dr. Sabarinah Prasetyo, M.Sc menyampaikan keputusan bahwa Rikawarastuti yang berprofesi sebagai dosen Poltekkes Kemenkes Jakarta I dinyatakan lulus dan memperoleh gelar Doktor dalam bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat. Rikawarastuti dinyatakan sebagai lulusan S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat sebagai lulusan S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat ke-238 dan lulusan FKM UI ke-308 meraih predikat Cum Laude dengan IPK 3,96.

  1. Ringkasan Disertasi Rikawarastuti (UNDUH) 
  2. Video Rehat Promdok 14 Juli 2021 Video Rehat promdok
  3. Video Pengumuman Hasil Ujian Promosi D0ktor