AKREDITASI SMK/MAK SEBAGAI BENTUK AKUNTABILITAS PUBLIK DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN KEJURUAN

Penulis : Muhammad Yusro, dkk Prosiding Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII 2016 (ISBN: 978-602-60240-0-8) ----------------- ABSTRAK Akreditasi sekolah merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh seluruh institusi pendidikan pada seluruh jenjang) termasuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) dalam upaya pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Akreditasi sekolah/madrasah adalah proses penilaian secara komprehensif terhadap kelayakan satuan atau program pendidikan, yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan dan peringkat kelayakan yang dikeluarkan oleh suatu lembaga yang mandiri dan profesional. Akreditasi SMK/MAK merupakan bentuk akuntabilitas publik (public accountability) sekaligus penjaminan mutu (quality assurance) terhadap program pendidikan kejuruan. Selaras dengan upaya peningkatan mutu SMK/MAK, maka Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing SDM Indonesia, merupakan komitmen pemerintah untuk mendorong peningkatan mutu pendidikan kejuruan di Indonesia. Terdapat 4 (empat) strategi peningkatan kualitas akreditasi SMK, yakni: 1) pengembangan perangkat akreditasi sekolah, 2) peningkatan profesionalisme asesor akreditasi, 3) pemanfaatan hasil dan rekomendasi akreditasi dan 4) pembinaan pra dan pasca...
Read More

KUALITAS LULUSAN LPTK DENGAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008-IWA2:2007 (STUDI KASUS DI FT UNJ)

Penulis : Muhammad Yusro, dkk Prosiding Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI) VIII 2016 (ISBN: 978-602-60240-0-8) -------------------- ABSTRAK Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta (FT UNJ) sebagai bagian dari LPTK berkomitmen untuk menjaga mutu dan meningkatkan kualitas lulusan dengan menerapkan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008-IWA2:2007. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh penerapan SMM-ISO 9001:2008-IWA2:2007 terhadap kualitas lulusan FT UNJ. Metode survey dengan desain cross sectional dilakukan dalam studi ini dengan populasi penelitian lulusan FT UNJ tahun 2015 sebanyak 800 orang dengan jumlah sampel 278 orang. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebar kuesioner untuk mengukur kualitas lulusan (IPK ≥ 3.25) yang dipengaruhi oleh karakteristik lulusan (jenis kelamin, jenjang pendidikan, prodi, lulus tepat waktu), kualitas layanan akademik dan non akademik (kualitas pelayanan oleh dosen, tenaga administrasi/karyawan, teknisi/laboran, dan pengelola program studi) melalui penerapan SMM-ISO 9001:2008-IWA2:2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SMM-ISO 9001:2008-IWA2:2007 di FT UNJ menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan rata-rata IPK 3.26. Kualitas lulusan berhubungan secara signifikan dengan jenjang pendidikan, lulus tepat waktu, jenis kelamin,...
Read More